Tuesday, December 22, 2009

Tetap Puasa dan Menyusui

Selama Ramadhan, banyak ibu menyusui yang bertanya pada kami “Bila saya berpuasa atau mengurangi makan, apa yang terjadi dengan ASI saya?”, , ”Apakah akan berkurang saat puasa?”.Banyaknya tayangan iklan yang mempromosikan suplemen makanan atau minuman untuk ibu menyusui sering mencetuskan pertanyaan “Cukupkah asupan saya untuk menghasilkan ASI?”

Banyaknya ASI yang diproduksi dan dikeluarkan dari payudara, sesungguhnya diatur oleh isapan bayi. Makin sering bayi mengisap, makin sering ASI dikeluarkan dan diproduksi di payudara. Inilah yang dinamakan supply and demand.



Seorang ibu menyusui perlu makanan tambahan sekitar 500 kilo kalori. Karbohidrat, protein dan lemak adalah sumber gizi makro yang biasanya dominan ada dalam makanan. Namun, vitamin dan mineral tidak kalah penting. Karena walaupun hanya dalam jumlah kecil, zat gizi mikro inilah yang mengatur berbagai proses dalam tubuh. Jika ibu mengkonsumsi makanan yang beraneka ragam, tambahan protein, vitamin dan mineral akan tersedia secara otomatis



Saat puasa, cairan tubuh kita berkurang hingga 2-3 %. Pada keadaan normal, ada mekanisme ”rasa haus” yang mencegah kita dari kekurangan cairan. Namun, disaat puasa, secara otomatis otak mengatur agar pengeluaran cairan tubuh melalui air seni dan keringat dihemat.



Perlu kita ingat, bahwa komposisi utama minuman suplemen ibu menyusui itu adalah protein dan lemak, dan sering kali diperkaya dengan kalsium. Kenyataannya, agar komposisi ASI lengkap gizinya, ibu perlu memastikan tubuhnya memiliki semua cadangan zat gizi, baik makro (karbohidrat, lemak, protein) serta mikro (semua vitamin dan mineral). Karena itu, ibu yang tengah menyusui perlu berupaya mengkonsumsi makanan selengkap mungkin, sevariatif mungkin, agar tubuhnya memiliki cukup zat-zat gizi penting untuk memproduksi ASI.



Pada saat Ramadhan, kita rata-rata berpuasa 14 jam. Tubuh kita masih dapat mengkompensasi kekurangannya selama 14 jam tersebut, pada saat berbuka. Namun, sangat dianjurkan pada para ibu yang masih menyusui eksklusif (usia bayi kurang dari 6 bulan) untuk menunda berpuasa, bila dirasa memberatkan bagi dirinya untuk tetap beraktifitas dengan normal, maupun bila tampak perubahan perilaku bayinya dengan menyusu lebih sering. Agama Islam pun memberi keringanan bagi para ibu menyusui untuk tidak berpuasa selama Ramadhan. Sebab pada masa menyusui eksklusif, ASI adalah satu-satunya asupan cairan dan gizi bagi bayi. Pada masa ini, metabolisme tubuh ibu bekerja dengan giat untuk terus menerus memproduksi ASI dengan komposisi yang lengkap.



Walaupun ibu tidak makan selama 14 jam, komposisi ASInya tidak akan berubah atau berkurang kualitasnya dibandingkan saat tidak berpuasa. Sebab, tubuh akan melakukan mekanisme kompensasi dengan mengambil cadangan zat-zat gizi, yaitu energi, lemak dan protein serta vitamin dan mineral, dari simpanan tubuh. Begitu ibu berbuka, tubuh akan mengganti cadangan zat-zat gizi tadi, sehingga ibu tidak akan kekurangan zat gizi untuk memenuhi aktifitas serta mempertahankan kesehatan tubuhnya. Komposisi ASI baru akan berkurang pada ibu yang menderita kurang gizi berat, sebab tidak ada lagi cadangan zat gizi yang dapat memasok kebutuhan produksi ASI yang lengkap.



Berarti, bila ibu menyusui makan dalam porsi sedikit lebih banyak dari porsi normalnya, dapat dipastikan bahwa cadangan zat gizi ibu tidak akan berkurang. Tidak perlu sampai menambah satu kali porsi makan ekstra tiap hari.



Perlu untuk diketahui bahwa ibu harus cukup makan sebelum dan selama hamil. Keadaan ini akan membantu ibu tetap kuat, membentuk cadangan energi dan zat gizi yang baik, yang bisa digunakan oleh tubuh untuk membuat ASI. Pada ibu yang berstatus gizi baik kecil kemungkinan bayinya akan lahir dengan berat badan lahir rendah.



Selain itu, hendaknya ibu tetap ingat bahwa cukup/tidaknya bayi mendapat ASI ditentukan oleh frekuensi dan efektifitas bayi saat menyusu. Berkurangnya makanan yang dikonsumsi ibu hanya akan berpengaruh terhadap komposisi ASI bila cadangan gizi dalam tubuh ibu telah berkurang untuk beberapa waktu lamanya, termasuk bila sejak masih gadis ibu tidak terbiasa mengkonsumsi makan dengan gizi seimbang.



Jadi, bila ibu tetap memutuskan untuk menjalankan puasa Ramadhan, mungkin tips berikut dapat bermanfaat:

· Makanlah saat sahur dan berbuka dalam porsi secukupnya, pastikan ibu mengkonsumsi cairan yang cukup, walau tidak perlu berlebih, karena bila berlebihan, toh tubuh kita akan membuang kelebihan tersebut.

· Ibu hendaknya tetap tenang beribadah dan percaya diri terus menyusui, jangan merasa khawatir ASInya akan berkurang, sebab rasa cemas tersebut justru akan menghalangi kerja hormon Oksitosin mengeluarkan ASI dari payudara, sehingga akan nampak seolah-olah ASI ibu berkurang. Ingatlah bahwa menyusui pun juga ibadah.

· Bila ibu memiliki aktifitas yang cukup tinggi selama Ramadhan, mungkin perlu dipertimbangkan untuk tidak berpuasa bila si kecil masih menyusu eksklusif, sebab dalam agama Islam pun ada keringanan bagi ibu yang menyusui.

· Yakinlah selalu, puasa maupun tidak, bahwa ibu telah memberikan yang terbaik bagi si kecil, yaitu semua gizi, zat kekebalan, enzim dan hormon yang diperlukan si kecil untuk tumbuh sehat dan cerdas melalui ASI, serta dasar menjadi anak sholeh-sholehah, karena pada saat bayi menyusu, ia juga belajar mengembangkan naluri, merasakan kasih sayang dan ikatan batin dengan ibunya, suatu hak eksklusif yang tidak akan bisa digantikan!

No comments:

Post a Comment