Wednesday, August 18, 2010

asi vs sufor

ASI vs SUFOR (Mbak Dayce to Milis SEHAT)

by AstroFamily Shop on Wednesday, August 18, 2010 at 8:03pm

Dari e-mail Mbak Dayce to milis SEHAT. thanks a lot Mbak =)

Mungkin kalau pertanyaan mbak diganti Apa perlunya kita memberikan sufor?

akan lebih memberikan gambaran mengenai ASI vs Sufor.

Dari jawaban2 SPs, saya belum menemukan jawaban yg sangat lengkap/tepat mengenai hal ini,I'm wondering apakah member milis sehat ada yang sering diskusi mengenai ASI di webnya AIMI (Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia)?. Saya bukan member AIMI ASI tapi saya sering sekali berdiskusi dengan teman2 saya disana selain membaca buku2 tentang ASI dan pengalaman sendiri.

Saya coba jawab.

1) Pemasaran Sufor di negara2 maju vs Sufor di negara2 berkembang

Taukah ibu2, bahwa sufor di negara2 maju tidak dijual bebas seperti di Indonesia? pembelian sufor harus dgn resep dokter dan atas dasar indikasi medis. Indikasi medis ini juga harus benar2 yang mengindikasikan bahwa sang ibu sangat tidak memungkinkan utk menyusui, misalnya operasi besar sesudah melahirkan (bukan caesar ya, caesar pun bisa Inisiasi Menyusui Dini dan menyusui setelahnya) ato ketika ibu mengidap penyakit misalnya HIV. Selama itu hanya masalah fisiologis spt nipple yg kurang bagus bentuknya sehingga agak sulit menyusui, itu semuanya bisa ditindaklanjuti,ada konselor laktasi yg bisa membantu proses menyusui.

Hal ini karena di negara2 maju sudah tahu pasti (demikian juga rata2 penduduknya) bahwa SATU SATUNYA makanan yang dibutuhkan bayi hingga 6 bulan adalah ASI. Jadi ASI bukan yang terbaik bu, karena ASI itu tidak bisa dibanding2kan dgn yg lain, karena itu disebutkan SATU SATUnya.

Pemasaran sufor di Indonesia/ di negara2 berkembang kenapa sedemikian bebasnya? Karena pengetahuan tentang ASI masih sangat minim. Tidak banyak yang tahu mengenai ASI, serta cara menyusui yang tepat dan ini dijadikan celah bagi produsen2 sufor untuk melakukan kampanye pemasaran yg sering sekali melanggar kode etik (mengkampanyekan susu untuk infant : 0-6 bulan adalah melanggar hukum).Namun banyak sekali produsen sufor yg melakukan kampanye terselubung, akibatnya? para ibu merasa tidak perlu berjuang keras untuk memberikan ASI kepada anak2nya karena "toh udah ada sufor".

2) Kualitas ASI

Nutrisi ASI tidak dapat diimitasi oleh produsen sufor manapun.Ada SP yg mengatakan ASI itu tergantung kualitasnya,jgn asal kasi ASI aja.

Nah ini pernyataan kurang tepat. Inilah kekuasaan Tuhan YME yang kita patut syukuri. Dengan makanan yg bergizi tinggi memang akan membuat kualitas ASI semakin bagus, tapi apabila sang ibu pun dari kalangan yg kurang mampu misalnya,sehingga dia tidak mampu mengkonsumsi makanan yg bergizi tinggi atau let say pemulung lah, yg makanannya kurang baik, you know what? kualitas ASI-nya dia tetap lebih baik dari susu formula, sudah dibuktikan oleh berbagai riset :-)

Dalam ASI selain terdapat vitamin2 serta semua nutrisi baik yg dibutuhkan bayi anda, terdapat juga zat antibiotik serta zat2 yg dibutuhkan untuk pembentukan imunitas tubuh. Jadi ASI is the ONLY thing your baby needs during the first 6 months of his/her life.

3) Susu formula

ASI dapat diminum kapan saja,sesering mungkin,tidak ada batas pemakaian. Sufor dibatasi oleh jam, dosis, expiry date, dll.

Resiko penggunaan sufor:

1) Alergi: sufor bisa mengakibatkan alergi,diare,dll pada sebagian anak

2) Higienitas: Pada proses pemberian sufor,gampang terkontaminasi dgn bakteri apabila botol susu atau alat2 tidak steril,dan apabila salah dalam melihat tanggal kadaluarsa

3)Obesitas: ada kecenderungan obesitas karena kadar gula dan lemak yang terdapat dalam sufor cukup tinggi.

4)Kesulitan BAB: sufor sulit dicerna/diserap oleh tubuh,maka kadang dapat mengakibatkan sembelit

5)Takaran/dosis: apabila salah menakar,tentunya berefek negatif pada anak, i.e: dosis tdk sesuai usia/kebutuhan. sementara ASI? ASI menyesuaikan kualitas gizinya sesuai perkembangan usia anak, amazing isn't it?

Gendut Vs Kurus

Anak yang sehat tidak ditentukan oleh gendut atau tidaknya. Anak ASI tidak selamanya langsing (seperti anak saya dulu ndut deh padahal ASI full),selama dia masih dalam standar berat usianya, tidak perlu khawatir. Anak yang sehat justru yang bisa bergerak lincah,motorik halus dan kasarnya berkembang dengan baik. Kegemukan/obesitas pada usia bayi akan membahayakan karena ketika besar resiko terpapar penyakit2 lain seperti jantung dll.

Terakhir,

Mekanisme ASI adalah supply dan demand. Selama selalu disusuin,ASI akan bertambah banyak.Pelajarilah teknik menyusui yang baik, apabila luka ketika menyusui berarti perlekatannya belum tepat namun ada teknik untuk tetap bisa menyusui walaupun puting sakit, dll. Pelajari juga manajemen ASI yg baik, bagaimana memerah ASI,menyimpan ASI di botol, dan teknik2 menyusui yang baik. Bergabung jugalah dengan milis menyusui seperti asi for baby dan main2 ke website AIMI ASI. Supaya benar2 mengerti manfaat ASI dan "tidak menyerah" dengan memberikan sufor padahal sebenarnya tidak perlu.

Why go for second best? You want to give the VERY BEST for your children kan? jangan lupa, adalah HAK anak untuk mendapatkan ASI lho, bu. hehehe.

Salam ASI!

Cheers,DayceIbunya Kendra Medina Manan, 3 yrs 5 months.

No comments:

Post a Comment