Wednesday, February 10, 2010

menyusui dua tahun

http://asuh.wikia.com/wiki/Menyusui_dua_tahun

Hingga saat ini banyak sekali anggapan miring ttg ibu yang menyusui anaknya > 1th. Sering kita dengar kalimat ”Kalo anak > 1 th kan dah jelek ASInya”. Atau tak jarang juga terdengar kalimat ”Kalau disusui terus anak jadi manja dan gak mandiri”. Nah benarkah hal ini ? Artikel berikut dirangkum dari beberapa artikel dari La Leche League dan WHO tentang fakta-fakta seputar menyusui anak batita ( hingga umur 3 th)[1].

Ternyata anggapan2 bahwa ASI gak bagus, nyusui anak besar bisa membuat jadi manja dan gak mandiri tsb TIDAK BENAR. Bahkan, menyusui lebih dari dua tahun memiliki manfaat bukan hanya bagi anak, tetapi juga bagi ibu[1].

Kandungan ASI Pada Tahun Kedua

Menyusui dapat dilakukan hingga anak berusia 2 tahun. Menyusui dengan ASI sampai dengan usia anak mencapai 2 tahun masih mampu memenuhi 1/3 kebutuhan kalori, 1/3 kebutuhan protein, 45 persen kebutuhan akan vitamin A dan 90 persen kebutuhan akan vitamin C[2].

Bahwa ternyata kandungan ASI > 1 th memiliki kandungan yang luar biasa bermanfaat utk anak. Yg jelas, ASI tetap memiliki zat imun yang melindungi bayi dari berbagai penyakit. Bahkan satu penelitian menunjukkan bahwa beberapa zat imun meningkat jumlahnya dalam ASI di th keduam sehingga memberikan perlindungan yg lebih besar bagi anak. Belum lagi kandungan gizinya. Pada tahun kedua (12-23 bulan), setiap 448 ml ASI memenuhi kebutuhan anak [1]:

  • 29% dari kebutuhan energi-nya
  • 43% dari kebutuhan protein-nya
  • 36% dari kebutuhan kalsium-nya
  • 75% dari kebutuhan vitamin A
  • 76% dari kebutuhan asam folat-nya
  • 94% dari kebutuhan vitamin B12
  • 60% dari kebutuhan vitamin C

Referensi

  1. 1,0 1,1 1,2 Soraya, Luluk. Menyusui Batita. 2005.
  2. Blog ASI. Sepuluh Keistimewaan Pemberian ASI. 2005

No comments:

Post a Comment