Monday, July 18, 2011

Kenapa Lemak ASI beda dengan lemak hewan mamalia ???

Kenapa Lemak ASI beda

Air Susu Ibu yang lebih dikenal dengan ASI mengandung asam lemak esensial yang memang tidak terdapat di dalam susu sapi atau susu formula. Asam lemak esensial ini sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan otak dan mata bayi, serta kesehatan pembuluh darah. Selain itu, Asam lemak terdiri dari Asam Lemak Linoleat dan Asam Lemak Linolenat yang merupakan prekursor Docosahexaenoic Acid (DHA) dan Arachidonic Acid (AA). Keunggulan ASI karena mengandung AA dan DHA untuk ‘building block’ otak yang siap pakai.

Tidak hanya itu, ASI juga mengandung enzim lipase agar lemak dapat dicerna dengan baik oleh usus bayi. dan yang pasti Enzim ini tidak terdapat di dalam susu hewan atau susu formula.

Seperti kita tahu bahwa saat bayi dilahirkan, lambung bayi belum menghasilkan semua enzim yang dibutuhkan untuk mencerna lemak susu. sehingga Lipase di dalam ASI membantu menyempurnakan pencernaan lemak di dalam lambung bayi. Lipase dalam ASI ini disebut bile-salt stimulated lipase karena mulai bekerja di dalam usus bersamaan dengan tersedianya garam-empedu tersebut. Lipase tidak aktif di payudara atau di dalam lambung sebelum ASI bercampur dengan empedu.sungguh luar biasa bukan?

Sehingga, lemak yang terdapat di dalam ASI akan dicerna lebih sempurna dan digunakan lebih efisien oleh tubuh bayi dibandingkan dengan lemak susu sapi atau susu formula.

Dan ini dapat terlihat saat kita melihat tinja bayi. Tinja bayi yang diberi susu formula berbeda dengan tinja bayi yang diberi ASI. karena susu formula dan susu lainya itu tidak mengandung enzim agar penyerapan makanan efektif dan efesien, sehingga terdapat sisa makanan yang tidak dapat diserap oleh tubuh bayi.

Pada Bayi dengan Berat Lahir Rendah (BBLR) yang diberi susu formula yang kurang mengandung asam lemak esensial ternyata menunjukan kurang optimalnya perkembangan mental dan penglihatannya.

Sumber : Trainer Modul 40hr BFCC. WHO/UNICEF

http://selasi.net/artikel/menyusui/83-kenapa-lemak-asi-beda.html

No comments:

Post a Comment