Friday, July 15, 2011

Pemberian ASI dengan Cangkir

Pemberian ASI dengan Cangkir PDF Print E-mail


Pemberian ASI dengan menggunakan gelas sangat mudah dipelajari oleh bayi baru lahir dan bayi prematur. Beberapa penelitian menunjukan bahwa pemberian ASI dengan menggunakan cangkir aman bagi bayi baru lahir, penelitian lain bahkan mengatakan bahwa pemberian ASI dengan gelas aman untuk bayi prematur.


Penelitian di Inggris menunjukan bahwa bayi prematur lebih menyukai ASI dan menjadi faktor keberhasilan menyusui apabila diberikan ASI dengan menggunakan cangkir dari pada dengan botol. bayi prematur yang disusui dengan cangkir akan lebih mudah beradaptasi dengan payudara ibu pada saat dia mampu menyusu langsung.

Bagaimana caranya ?

  1. Bayi harus terjaga dan dipangku oleh perawatnya pada posisi setengah duduk. Bungkuslah bayi dengan kain untuk menopang dan menjaga agar tangannya tidak menghalangi, letakkan selembar kain kecil di depan bayi untuk menampung ASI yang tumpah.
  2. Tuangkan ASI yang telah ditakar ke dalam cangkir.
  3. Peganglah cangkir sehingga bersandar ringan di bibir bawah bayi.
  4. Miringkan cangkir hingga susu mencapai bibir bayi.
  5. Biarkan bayi berusaha sendiri mengambil susu.
  6. Bayi yang lebih muda akan mulai mencoba memasukkan susu ke dalam mulutnya dengan lidahnya. Bayi yang lebih tua atau cukup bulan akan menghisap susu dalam wadah tersebut.
  7. Jangan menuang susu ke dalam mulut bayi. Cukup lekatkan cangkir pada bibir bayi dan biarkan ia minum sendiri.
  8. Biarkan bayi minum perlahan-lahan.
  9. Sebagian susu mungkin tumpah dari mulut bayi. Tumpah wajar terjadi pada bayi yang lebih tua.
  10. Pastikan bayi telah menelan susu sebelum menawarkan lagi. Ketika bayi sudah kenyang, ia akan menutup mulut dan tidak akan minum lagi. Jangan memaksakan bayi minum.
  11. Hitung asupannya selama 24 jam – bukan hanya setiap kali minum.

No comments:

Post a Comment